Trik Mengatasi Masalah dengan Vendor Pernikahan

vendor Pernikahan

Tidak bisa dipungkiri, salah satu tantangan mempersiapkan pernikahan adalah berkomunikasi dengan vendor pernikahan yang terlibat. Dalam proses persiapannya, mungkin terjadi “drama” vendor pernikahan yang harus Ami dan pasangan hadapi. Masalah yang muncul bahkan bisa membuat ketidakcocokan dengan vendor tersebut.

Mulai dari hasilnya tidak sesuai ekspektasi, susah dihubungi, sangat lama merespon perkembangan persiapan pernikahan, atau yang lebih menjengkelkan adalah tiba-tiba membatalkan kerjasama di tengah jalan.

Nah, agar tidak membuat stres dan menjadi beban, Meilleur Ami Muslimah Bride akan bagikan trik mengatasi masalah dengan vendor pernikahan.

Komplain yang Tepat

Saat hasil pekerjaan vendor tidak sesuai dengan apa yang sudah disepakati bersama, Ami dan pasangan punya hak untuk menyampaikan keluhan. Tapi sampaikanlah keluhan tersebut dengan cara yang tepat. Ada baiknya, jangan menyebarkan cerita dan komentar negatif di media sosial. Bicarakan masalah yang Ami keluhkan secara pribadi dan sopan dengan vendor pernikahan tersebut. Bukan tanpa alasan, bisnis vendor adalah mata pencaharian mereka, tidak baik jika Ami menyebarkan reputasi buruk.

Batalkan Kontrak

Sama seperti perjanjian bisnis pada umumnya, kontrak dengan vendor pernikahan pun dilakukan secara tertulis. Sebelum tanda tangan kontrak, sebaiknya ketahui dan cermati secara detil dari setiap poin-poin kerja yang tertulis. Karena ini kontrak kerja, jadi yang tercantum haruslah kesepakatan antar kedua belah pihak, yaitu Ami dan vendor tersebut. Dan jika ingin memutus kontrak dengan vendor, coba diskusikan secara baik-baik soal masalah dengan vendor pernikahan. Kalau tidak menemui jalan keluar dan tetap membatalkan kontrak, Ami bisa bernegosiasi untuk mencari pengganti.

Baca juga: Jurus Bernegosiasi dengan Vendor Pernikahan

Pengembalian Dana

Karena masalah yang terjadi sudah terlalu berat, dan Ami sudah tidak ingin melanjutkan jasa vendor tersebut, Ami dan pasangan masih punya hak untuk meminta pengembalian dana. Tapi pastikan dulu kalau pengembalian tersebut termasuk dalam perjanjian yang tertulis dalam kontrak. Kemungkinan buruknya, Ami dan pasangan tidak mendapatkan kembali uang secara utuh. Bersyukurlah selama masih ada uang yang kembali.

Vendor Baru

Jangan ragu mengambil keputusan mengganti vendor yang baru. Ami dan pasangan pasti tidak ingin persiapan pernikahan jadi kacau hanya karena kinerja vendor yang tidak profesional. Jika waktu masih memungkinkan sebaik ambil langkah untuk mengganti vendor baru yang bisa menangani masalah yang terjadi.

Baca juga: Persiapkan Pernikahan Tanpa Menjadi Bridezilla

Ami, setiap masalah yang terjadi pasti ada jalan keluarnya. Jalani dengan tenang, santai, dan tidak perlu terburu-buru. Semoga semua yang dipersiapkan dan direncanakan berjalan dengan lancar.

Spread the love...