Sebelum Lamaran, Siapkan 6 Hal Penting Ini

melamar

Lamaran adalah tahap yang umumnya biasa dilakukan setiap pasangan yang bakal melanjutkan ke jenjang pernikahan. Jika dibandingkan dengan resepsi pernikahan, mempersiapkan acara lamaran lebih simpel dan tidak terlalu ribet. Walaupun begitu, Ami dan pasangan tetap menyiapkan lamaran dengan matang.

Menurut Meilleur Ami Muslimah Bride, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum proses lamaran berlangsung. Apa saja?

Tempat

Biasanya proses acara lamaran digelar di rumah pihak wanita. Siapkanlah sebuah tempat yang tidak terlalu sempit, seperti di ruang tamu untuk menampung tamu yang bakal datang melamar. Tapi jika situasi tidak memungkinkan, bisa mencari alternatif lain seperti misalnya di restoran.

Pakaian

Sebaiknya baju yang akan dipakai saat lamaran nanti terlihat berbeda ya. Usahakan jangan sampai sama dengan para tamu yang datang. Baju dengan motif batik biasanya paling banyak dipilih. Ami dan pasangan bisa juga memakai batik berpasangan atau sarimbitan agar terlihat lebih serasi.

Baca juga: 4 Hal Wajib Diperhatikan Pria Saat Melamar Kekasih

Juru Bicara

Baik pihak pria maupun wanita biasanya menyiapkan satu orang pembicara untuk berbicara di hadapan keluarga yang datang saat proses lamaran berlangsung. Perwakilan keluarga ini biasanya dipilih berdasarkan hasil musyawarah dari keluarga masing-masing.

Perhiasan

Siapkan sepasang cincin atau bisa juga satu set perhiasan. Hal tersebut bisa disimbolkan sebagai pengikat bahwa calon pihak wanita sudah tidak bisa lagi menerima lamaran dari pria lain.

Baca juga: Saatnya Mempertemukan Kedua Pihak Orangtua

Hantaran

Ini yang tidak boleh ketinggalan. Pihak pria yang harus menyiapkan hantaran atau seserahan saat melamar. Barang-barang yang dijadikan hantaran saat lamaran pada umumnya terdiri dari makanan, pakaian, serta perlengkapan wanita dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jumlah hantaran pun biasanya ganjil seperti lima, tujuh atau sembilan.

Tanggal Pernikahan

Jangan lupa juga untuk memilih tanggal pernikahan yang nantinya bakal diumumkan saat acara lamaran berlangsung. Jika ada yang kurang setuju dengan tanggal tersebut, bisa menggantinya sesuai kesepakatan bersama agar semua keluarga bisa datang di acara pernikahan Ami dan pasangan mendatang.

Baca juga: 5 Obrolan Penting dengan Calon Mertua

Semoga jalan Ami dan pasangan menuju proses lamaran dilancarkan dan dimudahkan.

Spread the love...