Rahasia Menghemat Biaya Katering Pernikahan

katering pernikahan

Persiapan penikahan tidak hanya disibukan seputar mencari gaun pengantin, mencari gedung, membuat daftar tamu saja. Mencari vendor katering juga tidak kalah pentingnya dalam resepsi penikahan. Selain mencari menu katering yang cocok untuk para tamu undangan, pertimbangan lainnya adalah soal biaya.

Pada umumnya, dibutuhkan setidaknya 40 persen sampai 50 persen anggaran dari total biaya pernikahan yang disiapkan. Ami dan pasangan tidak boleh sembarangan dalam menyiapkan katering pernikahan.

Tidak mau kan, gara-gara kurangnya porsi makanan lalu resepsi pernikahan Ami jadi bahan omongan para tamu. Tapi wajib diperhatikan juga, jangan sampai karena kebutuhan katering ini malah membuat biaya pernikahan jadi semakin besar.

Nah, Meilleur Ami Muslimah Bride bakal membagikan empat rahasia dalam mengemat biaya katering pernikahan.

Referensi Vendor

Vendor katering tidak hanya menjadi faktor bakal seperti apakah kualitas hidangan yang disajikan, tapi juga akan mempengaruhi biaya. Ami dan pasangan bisa melakukan survei dengan berburu sebanyak mungkin referensi vendor yang menawarkan harga terbaik. Salah satu caranya adalah dengan menggali informasi dari pengalaman teman yang sudah pernah memakai jasa vendor katering tersebut. Apalagi kalau Ami bisa mendapatkan rekomendasi vendor katering kualitas baik dengan harga yang terjangkau.

Waktu Penyajian

Hampir setiap resepsi pernikahan digelar mendekati jam makan siang atau makan malam. Hal tersebut mengharuskan Ami dan pasangan menghidangkan menu secara lengkap. Demi menghemat biaya katering, bisa diakali dengan menggelar resepsi pernikahan sekitar jam 2 siang sampai jam 5 sore. Tidak hanya itu, menu yang disajikan pun tidak perlu yang terlalu berat, seperti jajanan-jajanan dan barbeque yang jauh dari kesan formal, tapi bisa lebih menghemat biaya katering.

Baca juga: Menemukan Jasa Rias Pengantin yang Tepat

Porsi Katering yang Tepat

Agar bisa lebih menghemat biaya katering, hitunglah secara tepat jumlah porsi katering yang bakal dipesan. Bagaimana menentukan jumlah porsi katering? Cara mudahnya, Ami bisa menghitung dari jumlah undangan lalu dikalikan dua. Misalnya, Ami sudah menyiapkan 500 undangan pernikahan, jadi katering yang perlu dipesan adalah 1000 porsi.

Jangan Buat Rumit

Seperti vendor-vendor kebutuhan pernikahan lainnya, Ami dan pasangan bisa berkonsultasi pada vendor katering soal pilihan menu katering yang sesuai dengan biaya yang disiapkan. Ami juga bisa mengurangi satu bahkan dua jenis lauk pada menu prasmanan atau pondokan demi menghemat biaya. Mintalah vendor katering tersebut untuk menyederhanakan menu, tapi tidak mengurangi kelezatan menu yang disajikan.

Baca juga: 6 Langkah Memilih Jasa Rias Pengantin

Ami dan pasangan memang tidak boleh asal dalam menyiapkan kebutuhan katering. Tapi semua itu kembali lagi pada kebutuhan dan keinginan Ami dan pasangan soal hidangan yang disajikan saat resepsi pernikahan nanti.

 

Spread the love...