Nasihat Menikah Muda Menurut Islam

Nasihat Menikah Muda Menurut Islam

Ami, kewajiban menikah menjadi sebuah proses yang tidak hanya melibatkan aktivitas fisik saja, tapi juga pikiran, mental serta keberanian untuk melanjutkan kehidupan ke jenjang yang berbeda. Saat memilih untuk menikah muda, kita bakal mengalami masa hidup yang sangat bervariasi dan mulai menjalin hubungan untuk saling melengkapi dan mencapai tujuan kebahagiaan bersama.

Nah, ada beberapa nasihat menikah muda menurut Islam yang perlu kita ketahui.

Niatkan Menikah untuk Sempurnakan Ibadah

Menikah bukan hanya ingin menyatukan cinta dua saja, tapi menikah juga harus karna Allah agar menyempurnakan ibadah. Seperti hadits riwayat HP Bukhari berikut: “Seburuk-buruk kalian, adalah yang tidak menikah, dan sehina-hina mayat kalian, adalah yang tidak menikah”.

Niatkan Bahagiakan Orang tua

Di usia muda kita diwajibkan untuk membahagiakan kedua orang tua, tapi menikah muda bukan halangan kamu untuk membahagiakan kedua orang tua justru dengan menikah kamu harus lebih membahagiakan kedua orang tuamu.

Belajar Memantaskan diri

Tahun-tahun pertama pernikahan, Ami bakal sulit. Ada ujian mental karena ego masih tinggi, berikutnya ada masalah ekonomi. Tidak semua rencana bisa terwujud mulus, tapi disinilah tantangannya. Kalau kita berdua bisa bersabar dan berhasil melewati ujian demi ujian itu maka kita berdua bakal menjadi semakin dewasa dan berkualitas. Nah, untuk itu terus belajar ya, Ami.

Proposal Hidup yang Jelas

Usia masih muda biasanya belum punya apa-apa, baru memulai semuanya, belum dewasa sepenuhnya juga. Masih dalam tahap berkembang. Jadi butuh penunjuk arah yang jelas, maka kedua pasangan sebelum menikah harus menuliskan visi misi rencana hidupnya. Mulai dari sisi pengembangan diri (mental, spiritual) maupun rencana profesi (nanti mau jadi apa? Karyawan? Pengusaha? dll), rencana punya rumah, kendaraan (jika belum punya), dan rencana lainnya. Lalu diskusikan, jadi pada saling tahu dan siap untuk saling menguatkan.

Ketemu Jodoh

Kalau kita sudah bertemu oleh jodoh, maka segeralah menikah dengannya. Tapi untuk yang belum bertemu, kamu harus terus bersabar dan terus berdoa kepada Allah agar segera dipertemukan oleh jodoh kita.

Ada yang bilang kalau ibadah terpanjang dan terlama adalah menikah. Islam juga menjadikan menikah sebagai moment sakral untuk menyempurnakan agama.

 

Spread the love...