Menikah Muda, Ini 3 Hal yang Harus Dipersiapkan

Nasihat Menikah Muda Menurut Islam

Fenomena menikah muda akhir-akhir ini menimbulkan pro dan kontra, ada yang mendukung ada juga yang tidak menganjurkan. Memutuskan untuk menikah muda tentunya bukan masalah yang mudah, butuh pemikiran yang lebih matang. Keadaan emosi secara psikologis, bahkan finansial yang umumnya masih belum mapan membuat banyak orang berpikir berulang kali untuk menikah muda.

Nah, sebenarnya untuk menikah muda apa sih yang perlu dipersiapkan?

Mental

Kenapa mental menjadi hal pertama yang perlu dipersiapkan dalam menjalani nikah muda? Kenapa bukan finansial yang justru lebih penting untuk menunjang kesejahteraan dalam berumah tangga? Ami, mental seseorang ternyata bisa berperan besar terhadap cara pasangan menjalani sebuah hubungan rumah tangga. Pada dasarnya memang finansial adalah hal yang penting, tapi tanpa persiapan mental yang bagus, tidak akan berarti apa-apa.

Terpenuhi secara finansial bukan berarti bisa menyelesaikan masalah hanya dengan uang saja kan? Ami, masalah rumah tangga tidak hanya berasal dari finansial saja, masih banyak faktor lain yang bisa timbul karena itu mental yang baik sangat dibutuhkan.

Persiapan mental diperlukan juga agar pasangan kuat dalam menjalani keadaan apapun bersama. Bahkan, disaat tidak ada uang sama sekali kalau memang masing-masing sudah menyiapkan mentalnya dari awal pasti pasangan tersebut bakal lebih survive daripada pasangan pasangan yang mentalnya masih belum dipersiapkan.

Menikah Muda, Ini 3 Hal yang Harus Dipersiapkan

Komunikasi

Kerry Patterson dari New York Times pernah mengungkapkan, kalau pasangan yang berdebat secara efektif, pada umumnya 10 kali lebih bahagia daripada mereka yang menyembunyikan masalah-masalah mereka.

Nah, komunikasi yang baik bukan berarti menghindari perdebatan yang terjadi dalam sebuah hubungan. Bicarakan setiap masalah dan setiap konflik yang ada dengan pasangan. Jangan malah dihindari agar tidak timbul konflik yang berkepanjangan, itu justru bakal memperparah.

Kejujuran juga termasuk dalam kategori cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan, Ami. Hindari banyak berkeluh kesah dan menceritakan masalah kalian ke orang lain yang justru akan berdampak buruk. Jangan takut dengan perdebatan yang terjadi diantara kalian, dari perdebatan tersebut kalian bakal tahu satu sama lain. Namanya juga dua kepala yang berbeda, tentunya kalau soal beda pendapat pasti wajar ya. Anggap saja sekalian belajar memahami masing-masing.

Finansial

Uang memang penting, tapi kita juga harus berhati-hati dengan uang. Jika memang sudah mantap untuk menikah muda, setidaknya pikirkan beberapa langkah kedepan dalam soal keuangan. Di luar sana memang banyak pasangan yang awal menikah tidak punya apa-apa tetapi kemudian berhasil dengan penghasilan lumayan.

Ami, jangan terlalu gampang tertipu dengan hasil dari kerja keras seseorang, yang harus dilihat adalah proses yang mereka jalankan. Mereka yang berhasil dengan pernikahannya secara finansial pastinya bukan mereka yang nikah asal nikah asal ada uang saja. Setidaknya mereka punya planning yang kuat untuk melangkah kedepan.

Keputusan buat menikah muda memang bukan hal yang main-main, banyak faktor yang harus diperhatikan. Jangan sampai hanya terbawa arus tren yang ada ya. Jadi, mau pro atau kontra itu tergantung Ami memandang dari sudut mana. Yang penting persiapkan diri dan pasangan sebaik mungkin.

 

 

 

Spread the love...