Menghitung Porsi Katering Pernikahan Secara Tepat

Menghitung Porsi Katering Pernikahan Secara Tepat

Hal yang sering ditakutkan di acara resepsi pernikahan adalah kurangnya jumlah makanan yang disediakan. Si pengantin, bahkan keluarga bisa jadi bahan nyinyiran para tamu undangan yang datang.

Tidak hanya memilih menu makanan dan minuman yang bakal disajikan, Ami dan pasangan pun perlu menghitung jumlah porsi katering pernikahan secara tepat. Jika sudah mendapatkan vendor katering yang cocok, mulailah untuk menghitung berapa jumlah porsi makanan yang akan disajikan.

Nah, agar tidak terjadi kekeurangan, Meilleur Ami Muslimah Bride bakal memberi panduan dalam menghitung jumlah porsi makanan yang tepat.

Menghitung dari Jumlah Undangan

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan menghitung dari jumlah tamu yang akan diundang. Kemudian, Ami bisa kalikan dua jumlah tamu yang diundang untuk menentukan jumlah porsi yang dibutuhkan. Bukan tanpa alasan dikalikan dua. Pada umumnya tamu undangan datang tidak sendirian, biasanya mereka datang bersama pasangan atau keluarga. Contohnya, jumlah undangan yang Ami siapkan ada 1.000, jadi jumlah makanan yang dipesan adalah 2.000 porsi.

Bagi Porsi Menu Prasmanan dan Menu Pondokan

Setelah menghitung jumlah porsi yang bakal dipesan, selanjutnya Ami dan pasangan bisa membagi porsi tersebut untuk menu makanan prasmanan dan pondokan. Nah, Ami bisa membaginya dengan porsi 60 persen untuk menu prasmanan dan 40 persen menu pondokan. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk membagi dalam jumlah sebaliknya ya, 40 persen porsi menu prasmanan dan 60 persen porsi menu pondokan.  Hal tersebut bisa dilakukan jika Ami berencana untuk menggelar resepsi pernikahan pada malam hari. Alasannya, pada malam hari para tamu diperkirakan cenderung menghindari jenis makanan berat.

Baca juga: 4 Pertanyaan Ini Harus Ditanyakan pada Vendor Katering

Jumlah Menu Prasmanan dan Menu Pondokan

Idealnya, untuk menu prasmanan setidaknya ada lima jenis lauk, belum termasuk nasi dan sayur ya. Sedangkan untuk menu pondokan, Ami bisa menyediakan empat jenis menu makanan yang disajikan. Tidak wajib, tapi hal tersebut juga disesuaikan pada kebutuhan dan kemampuan biaya yang sudah disipakan Ami dan pasangan.

Jangan Mengurangi Porsi dari Tamu Tidak Datang

Seringkali tidak semua tamu yang diundang bisa datang ke resepsi pernikahan. walaupun begitu, Ami jangan mengurangi jumlah porsi makanan yang sudah ditentukan dari hitungan sebelumnya. Karena makanan tersebut bisa untuk menutup apabila ada tamu undangan yang bersama lebih dari dua orang, atau dari pihak keluarga bahkan dari panitia resepsi pernikahan.

Baca juga: Rahasia Menghemat Biaya Katering Pernikahan

Jangan sampai salah memperhitungkan jumlah jumlah porsi katering saat resepsi pernikahan ya. Hal tersebut bisa menjadi “mimpi buruk” untuk Ami dan pasangan. Para tamu undangan pun bisa jadi kecewa, karena tidak kebagian makanan yang disajikan. Untuk lebih detailnya, Ami bisa konsultasikan langsung ke vendor katering yang menjadi partner pernikahan.

 

Spread the love...