Jangan Bingung, Ini Isi Seserahan yang Harus Disiapkan

seserahan

“Sebenarnya apa saja isi seserahan?” Mungkin masih banyak pasangan yang menanyakan hal tersebut. Pada dasarnya, seserahan adalah simbol dari keluarga mempelai pria untuk bekal kehidupan kelak mempelai wanita.

Nah, isi seserahan memang bisa berbeda-beda untuk setiap daerah di Indonesia karena biasanya ada tradisi tertentu yang harus diikuti. Pada umumnya isi seserahan bisa berupa pemberian barang untuk mempelai wanita dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Sedangkan untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya tidak ada ketentuan wajib. Semuanya bisa disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Tapi pada adat Jawa biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil, seperti lima, tujuh, sembilan atau lebih.

Sebenarnya apa saja isi seserahan pernikahan yang perlu dipersiapkan? Yuk, Meilleur Ami Muslimah Bride beri bocorannya.

Perlengkapan Ibadah

Isinya terdiri dari mukena, sajadah, dan Al Quran. Perlengkapan ibadah ini sebagai bekal untuk calon penganti wanita agar menjadi pendamping yang sholehah. Selain itu, seserahan ini bisa dimaksudkan sebagai bentuk dan simbol bimbingan mempelai pria kepada sang istri kelak.

Suruh Ayu

Biasanya ada membawa seserahan berupa satu set daun sirih atau suruh ayu ini. Hal ini bisa menjadi simbol kesatuan hati dan kesatuan tekad yang menyatukan kedua pasangan.

Perhiasan

Isi seserahan perhiasan bisa disepakati bersama, setelah disesuaikan dengan biaya yang sudah disiapkan. Tidak hanya cincin saja, biasanya perhiasan yang diberikan sudah berisi satu set, mulai dari kalung sampai anting. Pada pernikahan adat Jawa, perhiasan yang dipilih biasanya yang terbuat dari emas, intan, atau berlian. Hal ini bermakna agar mempelai wanita selalu bersinar dalam kehidupannya.

Baca juga: 4 Hal Wajib Diperhatikan Pria Saat Melamar Kekasih

Set Perlengkapan Wanita

Seserahan ini terdiri dari kebutuhan yang biasa digunakan oleh mempelai wanita, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Isinya bisa berupa hijab, gamis, atau pakaian kerja. Ada juga yang memilih untuk diberikan kebaya dengan kain batik atau songket. Sesuai pilihanmu saja. Bahkan, ada yang menambahkannya dengan tas dan sepatu. Nah, dengan pakaian seserahan perlengkapan wanita ini bisa bermakna jika pasangan harus bisa menjaga rahasia pernikahannya.

Perlengkapan Rias

Khusus untuk isi seserahan yang satu ini, biasanya pihak wanita yang memilihnya sendiri. Selain jenisnya banyak, belum tentu juga pria mengerti. Para wanita biasanya sudah memiliki merek yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang dipakainya. Para pria tinggal duduk manis saja.

Makanan Tradisional

Seserahan ini pada umumnya berisi makanan yang terbuat dari beras ketan, seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Makanan tersebut memiliki arti cinta antara kedua Ami dan pasangan bisa selalu bersama-sama seperti filosofi beras ketan yang menjadi lengket setelah dimasak.

Baca juga: Sebelum Lamaran, Siapkan 6 Hal Penting Ini

Buah-buahan

Buah-buahan yang dibawa biasanya buah yang disukai oleh mempelai wanita. Buah ini menjadi simbol harapan agar kedua mempelai bisa memberikan manfaat untuk keluarga dan orang sekitar.

Isi seserahan pernikahan tersebut sebenarnya tidak harus sama. Semuanya kembali disesuaikan dengan biaya yang sudah disiapkan. Satu lagi, sebaiknya Ami sebagai mempelai wanita yang menentukan barang apa saja yang ingin dijadikan isi seserahan. Bukan tanpa alasan, jika semuanya diserahkan kepada pasangan Ami, bisa jadi barang- barang yang sudah dibeli tidak sesuai dengan keinginan Ami.

 

Spread the love...