Boleh & Jangan, Saat Menyajikan Katering Prasmanan

Boleh & Jangan, Saat Menyajikan Katering Prasmanan

Penyajian katering dengan prasmanan sepertinya hampir selalu digunakan pada pernikahan di Indonesia. Alasannya, karena prasmanan dianggap cara paling praktis untuk pesta pernikahan yang mengundang banyak tamu. Ada juga yang beranggapan kalau prasmanan juga dipilih karena lebih menghemat biaya pernikahan.

Dalam penyajian prasmanan, para tamu undangan yang datang bisa memilih sendiri menu yang mereka suka. Nah, jika Ami dan pasangan berencana bakal menggunakan model prasmanan dalam penyajian katering saat resepsi pernikahan nanti, ada aturan Boleh dan Jangan dilakukan saat menyajikan katering dengan prasmanan ala Meilleur Ami Muslimah Bride.

Boleh Dilakukan:  

Meja Prasmanan

Para tamu bakal kesal dan bosan kalau mereka harus mengantri berlama-lama untuk mengambil makanan yang disajikan. Sebaiknya sediakan meja prasmanan yang mencukupi untuk menghindari antrian yang terlalu panjang. Ami bisa meminta vendor katering untuk mengatur menyajikan makanan dalam beberapa meja. Tempatkan meja-meja tersebut pada beberapa posisi strategis untuk memudahkan para tamu.

Keadaan Makanan

Ini yang tidak kalah penting, ingatkan vendor pernikahan untuk menambahkan penghangat atau pendingin sesuai kebutuhan makanan. Pastinya hal tersebut bertujuan agar makanan tetap selalu dalam keadaan fresh selama para tamu menikmatinya.

Siapkan Pelayan

Penyajian makanan dengan model prasmanan memang terlihat lebih praktis. Tapi jangan biarkan sekitar meja prasmanan kosong ya. Sediakan juga pelayan yang berjaga. Pelayan tetap diperlukan untuk membantu tamu undangan saat mengambil makanan yang disajikan. Mereka pun bertugas memastikan agar tiap menu selalu tersedia dan dan segera isi ulang jika sudah habis.

Jangan Dilakukan:

Porsi

Jangan anggap sepele soal porsi makanan untuk penyajian prasmanan. Ami pasti tidak ingin jadi bahan nyiyiran para tamu karena mereka kehabisan makanan, apalagi setelah mengantri panjang. memang ada benarnya jika penyajian katering dengan cara prasmanan bakal lebih menghemat biaya. Tapi ingat, jangan sampai penghematan ini malah mengurangi jumlah porsi yang disajikan untuk para tamu.

Meja Jamuan

Walaupun sudah menyajikan makanan secara prasmanan, Ami jangan lupakan untuk tetap menyiapkan meja jamuan. Siapkan perlatan lain yang dibutuhkan para tamu seperti serbet, linen, gelas dll. Tambahkan centerpiece yang sesuai untuk mempercantik dekorasi meja jamuan.

Penyajian katering dengan prasmanan memang salah satu gaya penyajian yang populer resepsi pernikahan di Indonesia. Tapi cara tersebut juga jangan sampai merepotkan tamu undangan ya. Selalu ada cara terbaik untuk menyajikan katering dengan prasmanan.

 

Spread the love...