8 Strategi Jitu Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan

7 Kebutuhan Utama Dalam Resepsi Pernikahan

Setiap orang pasti memiliki mimpi untuk memiliki keluarga dengan orang yang dikasihinya. Tapi untuk secara resmi mewujudkannya, Ami pasti harus melewati tahap pernikahan sebagai pengesahan menjadi sepasang suami dan istri.

Nah, di tahap ini, sering kali menjadi tahap yang paling membuat bahagia tapi sekaligus cukup menguras pikiran terutama saat menggelar resepsi pernikahan itu sendiri. Selain waktu dan tenaga yang harus terkuras habis untuk merencanakan dan melaksanakan rencana tersebut, Ami juga harus merelakan dana yang sudah dikumpulkan sejak awal bekerja untuk merealisasikan pernikahan impian bersama pasangan. Padahal kehidupan sebenarnya baru dimulai ketika Ami dan pasangan sebagai raja dan ratu sehari dalam pesta pernikahan berakhir.

Untuk membantu Ami dalam meminimalis biaya pernikahan yang tidak sedikit, Meilleur Ami Muslimah Bride bakal membocorkan strategi untuk menghemat biaya pernikahan Ami. Yuk, simak!

Menjadi Calon Pengantin yang Bijak

Ami harus benar- benar teliti dalam seluruh biaya yang harus dikeluarkan untuk acara pernikahan. Tekan biaya-biaya kecil sebisa mungkin yang kalau dijumlahkan akan berjumlah cukup banyak. Pintar memanfaatkan berbagai promo yang ada, jeli dalam pemilihan vendor, sampai bijak dalam menentukan kepentingan bersama. Kehidupan bersama pasangan setelah acara pesta pernikahan lebih penting daripada harus mengeluarkan biaya besar untuk satu hari saja.

Lebih Selektif

Biaya pernikahan terbesar umumnya tergantung dari jumlah tamu yang akan diundang. Semakin banyak jumlah tamu, maka bakal semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan. Untuk menghemat biaya pernikahan, catat seluruh calon tamu yang akan diundang, lalu seleksi lagi secara berkala untuk menentukan siapa saja yang wajib hadir. Selain itu, Ami juga bisa memastikan secara langsung, orang yang kamu undang akan hadir bersama pasangannya atau sendiri. Nggak adalah salahnya kan demi bisa menghemat biaya.

Murah Tidak Murahan

Pakaian pengantin sampai cincin pernikahan, pilih sesuai dengan biaya pernikahan yang sudah dianggarkan. Kalau Ami dan pasangan memilih untuk menggunakan gaun dan jas sewaan atau cincin yang harganya hemat, percayalah hal ini tidak akan berpengaruh terhadap hari H atau hubungan kalian sekalipun.

Sesuaikan Tempat

Rata-rata pasangan pasti ingin mengadakan acara pernikahan di gedung megah yang serba ekslusif. Tapi ada baiknya Ami dan pasangan tetap realistis dengan memilih tempat terbaik sesuai dengan biaya yang ada. Jangan memaksakan keadaan jika itu diluar biaya.

Dekorasi Sesuai Budget

Pilih tema yang sederhana tapi tetap terlihat elegan. Tidak semua dekorasi bunga yang dihadirkan harus berupa bunga asli yang hanya akan digunakan untuk acara sehari. Sama halnya dengan dekorasi panggung yang bisa disesuaikan dengan biaya pernikahan. Perlu diingat, kalau acara resepsi pernikahan hanya akan berlangsung sehari, jangan sampai salah perhitungan.

Alternatif Undangan

Banyak cara untuk menciptakan undangan pernikahan sendiri yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jasa percetakan profesional. Beragam contoh desain undangan yang bisa Ami contek di Pinterest, bahkan bisa  dicetak sendiri di rumah. Hal tersebut bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau, tanpa harus mengorbankan kualitas secara keseluruhan. Saat ini, e-invitation alias undangan elektronik juga tidak akan mengurangi arti dari undangan pernikahan kepada tamu yang sudah cukup akrab.

Bantuan Keluarga dan Teman

Salah satu cara efektif menghemat biaya pernikahan adalah tidak sungkan meminta orang terdekat Ami untuk berpartisipasi aktif di acara pernikahan. Bisa mengajak teman atau saudara yang berbakat menyanyi, bermain alat musik, atau berprofesi sebagai fotografer. Anggap saja ini adalah hadiah pernikahan dari mereka untukmu. Sebaliknya, Ami juga boleh memberikan hadiah sebagai ucapan terimakasih.

 

Photo by : Ideo photography

 

 

 

Spread the love...