7 Kebutuhan Utama Dalam Resepsi Pernikahan

tamu undangan

Mengatur anggaran pernikahan sesuai biaya menjadi salah satu kesulitan tersendiri bagi pasangan yang sedang mempersiapkan hari pernikahan, salah satunya adalah resepsi pernikahan. Resepsi megah, indah dan berkesan pastinya menjadi keinginan setiap calon pengantin, karena pernikahan menjadi sebuah momen yang akan dikenang seumur hidup.

Setidaknya ada tujuh kebutuhan utama dalam pernikahan. Apa saja?

Makanan dan Minuman

Dibutuhkan 40 persen sampai 50 persen dari total biaya untuk biaya makanan dan minuman. Apa yang paling diingat para tamu setelah menghadiri resepsi pernikahan? Tentunya hidangan yang lezat dan variasi pilihan yang banyak.

Ingat Ami, jangan lupa untuk memperkirakan berapa jumlah tamu yang akan datang, agar tidak terlalu banyak makanan yang tersisa setelah resepsi selesai. Begitu juga sebaliknya, pastikan tidak ada tamu yang bakal kehabisan makanan.

Dekorasi

Kebutuhan dekorasi dibutuhkan budget 15 persen sampai 20 persen dari total keseluruhan. Dekorasi adalah salah satu hal yang tak kalah penting dalam sebuah resepsi pernikahan karena lokasi yang didekorasi dengan indah akan meninggalkan kesan tersendiri bagi para tamu undangan. Pelaminan, ruang resepsi, sampai tempat ijab kabul merupakan sudut istimewa yang harus diberi sentuhan dekorasi. Sesuaikan juga dekorasi dengan tema pernikahanmu.

Bridal

BridalĀ  mencakup 10 persen dari total biaya pernikahan. Bridal merupakan hal yang berkaitan dengan apa yang dipakai calon mempelai, mulai dari gaun, perhiasan, sepatu, riasan dan tata rambut, sampai jas. Membeli ataupun menyewa busana pengantin sama saja, semuanya dapat diukur dari anggaran yang sudah ditetapkan bersama dan kebutuhan atas busana tersebut.

Siapkan tema apa yang bakal diterapkan pada hari pernikahan. Setelah itu, saatnya untuk memilih model gaun dan warna yang dapat diserasikan dengan tema. Bisa juga konsultasikan dengan keluarga untuk hasil terbaik. Jangan malas atau malu untuk berkonsultasi juga pada penyedia jasa bridal.

Tempat

Tempat pernikahan membutuhkan 9 persen sampai 10 persen dari total biaya. Nah, memilih tempat pernikahan harus mempertimbangkan ukuran. Ukuran tempat menentukan seberapa kemampuan untuk menampung tamu-tamu undangan dan juga daya tampung parkir kendaraan. Tentukan dulu jenis pernikahan Ami, apakah pernikahan besar atau kecil. Hal tersebut tergantung pada berapa besar anggaran yang sudah ditetapkan.

Fotografi dan Videografi

Kebutuhan fotografi dan videografi menghabiskan sebesar 9 persen sampai 10 persen dari total biaya. Mengabadikan saat-saat penuh bahagia di hari pernikahan pastilah menjadi bagian tidak bisa dipisahkan dari rangkaian acara di hari istimewa Ami. Setiap momen istimewa sudah seharusnya diabadikan sebagai memori di masa akan datang yang tak terlupakan.

Undangan dan Souvenir

Souvenir mencakup 5 persen dari total biaya. Ami harus bisa memastikan jumlah tamu yang akan hadir di resepsi pernikahan nanti. Hal itu merupakan acuan membuat undangan dan souvenir. Tapi kadang terjadi kesulitan bila jumlah undangan melebihi kapasitas ruangan ataupun melebihi anggaran yang sudah disiapkan. Alangkah baiknya tetapkan prioritas tamu yang akan diundang dan sesuaikan dengan lokasi pernikahan.

Yuk, hitung ulang biaya pernikahanmu.

Spread the love...